Sabtu, 30 November 2013

Bagaimana Saya Sukses Tes CPNS dengan Hanya 1x Coba

Halo, teman-teman. Perkenalkan, nama saya Rifni. Di sini saya ingin menceritakan bagaimana saya berhasil lolos tes CPNS dengan hanya satu kali mencoba saja. Tentunya bukan dengan cara-cara ajaib atau curang, tetapi dengan cara belajar yang baru dan lebih efektif dengan bantuan software CPNS. Saya mengikuti tes CPNS di Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2013 dan lolos dengan peringkat yang cukup baik.

Pada awalnya, saya agak takut menghadapi tes CPNS tersebut karena ada sekitar 10.000 orang pendaftar dan yang dibutuhkan hanya 127 orang. Untuk bidang saya, ada ribuan pelamar dan hanya 10 orang yang diterima. Selain itu, saya juga belum pernah mengikuti tes CPNS sama sekali sebelumnya. Kemudian, saya membeli buku soal-soal CPNS yang memberikan bonus software. Buku tersebut membantu dalam memperbanyak perbendaharaan soal. Namun, software bonus dari buku tersebut ternyata berisi 4 paket soal TKD yang berisi soal-soal yang sudah ada di bukunya. Selain itu, software tersebut tidak dapat mengacak soal-soal dan jawaban-jawabannya sehingga saya tidak dapat mengulang mengerjakannya. Jadi, menurut saya, buku dan software tersebut kurang dapat memberikan simulasi tes yang sebenarnya, yaitu tes yang sesuai dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Oleh karena itu, saya kemudian membeli software CPNS lain untuk membantu saya belajar. Teman-teman dapat melihat situs resminya di sini http://LatihanSoal.com/?id=rifni.imansari

Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam menggunakan software tersebut. Software ini dapat digunakan tanpa internet, dapat dijalankan di iPad dan Android sehingga sangat praktis dan tidak memerlukan biaya untuk internet. Selain itu, software ini juga memberikan batas waktu pengerjaan ketika teman-teman mengerjakan soal. Setelah selesai mengerjakan, teman-teman dapat langsung melihat nilai dan jawaban yang telah dipilih beserta jawaban yang benarnya. Yang paling membuatnya berbeda dari buku ataupun e-book adalah software CPNS ini dapat mengacak soal dan jawaban sehingga teman-teman dapat mengulang kembali mengerjakan soal-soal tersebut. Selain itu, software ini memberikan banyak sekali bonus pdf prediksi soal setiap materi yang sangat berguna untuk belajar tes CPNS.

Tes CPNS terdiri dari TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan TKB (Tes Kemampuan Bidang). TKD terdiri dari 3 bagian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sedangkan, TKB adalah tes mengenai penguasaan bidang yang dilamar, tes ini terdiri dari tes psikologi dan wawancara. Tetapi, pada tes yang saya ikuti, setelah lolos TKD, saya hanya mengikuti tes wawancara sebelum dinyatakan lulus.

TWK menguji pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai Pancasila, UUD 1945 beserta amandemen-amandemennya, tata negara Indonesia, kebijakan pemerintah, sejarah Indonesia, dan peranan Indonesia dalam dunia internasional. Menurut saya, TWK adalah bagian TKD yang paling sulit karena terdiri dari materi pelajaran yang sangat melimpah sehingga selain memahami, peserta juga harus menghafalkan materi-materi tersebut. Terbukti, setelah selesai ujian dan langsung diumumkan hasilnya di luar ruang ujian, banyak sekali peserta yang nilai TWK-nya tidak mencapai passing grade, meskipun nilai TIU dan TKP-nya tinggi.

Menghafal dan memahami seluruh materi TWK tersebut memang tidak mudah. Namun, software CPNS ini membagi paket-paket soalnya berdasarkan mata pelajaran (misalnya paket soal Pancasila, UUD 45, dll). Selain itu, setiap mata pelajaran dibuatkan 2 - 3 paket soal sehingga ada banyak soal TWK yang bisa dipelajari. Dengan pembagian ini, saya dapat mengingat soal dan jawabannya dengan jauh lebih mudah, dan pengacakan soal dan jawabannya tersebut dapat membantu saya untuk lebih mengingat lagi masing-masing soal dan jawabannya.  

TIU terdiri dari tes verbal (sinonim, antonim, analogi), tes numerik (aritmatika, seri angka dan huruf, soal cerita), tes logika (logika umum, analisis pernyataaan, silogisme, dan logika cerita). Seperti soal TWK, soal-soal TIU juga dibagi menjadi paket-paket soal (sinonim, antonim, dll) sehingga memudahkan pembelajaran. Ada banyak sekali soal TIU yang dapat dikerjakan sendiri secara mandiri dan adanya batas waktu pengerjaan tentunya dapat mengukur kemampuan saya dalam mengerjakan soal-soal TIU.

TKP adalah tes yang menguji semangat berprestasi, integritas diri, orientasi pada pelayanan, dll yang menggambarkan kepribadian peserta. Jika pada tes yang sebenarnya, nilai TWK dan TIU adalah 5 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah, maka nilai TKP berupa skala dari 1 - 5. Biasanya, buku CPNS termasuk yang saya beli, tidak memberikan nilai-nilai skala tersebut karena memang tidak ada jawaban yang benar atau salah dalam TKP. Namun, software CPNS ini memberikan hanya jawaban terbaik sebagai jawaban yang benar (skor 0 untuk jawaban salah) sehingga saya dapat mengetahui jawaban dengan nilai skala tertinggi dari setiap soal.

Jika teman-teman telah lolos ujian TKD, maka yang selanjutnya dihadapi adalah TKB yang terdiri dari psikotes dan wawancara. Untuk tes psikotes, biasanya kita akan diminta membuat gambar-gambar, seperti gambar rumah, pohon, dan orang. Software CPNS ini mengungkapkan rahasia di balik gambar-gambar tersebut dan juga tips menggambar gambar-gambar yang baik dan bernilai bagus sehingga teman-teman bisa mendapat gambaran mengenai bagaimana mengerjakan psikotes.

Pada tes wawancara, teman-teman akan ditanyai pertanyaan-pertanyaan umum seperti pengetahuan tentang deskripsi pekerjaan yang dilamar, motivasi menjadi PNS, dan tentunya pengetahuan teman-teman mengenai kementerian yang dilamar dan unit kerja yang dipilih saat melamar. Software ini menyediakan simulasi wawancara yang interaktif sehingga teman-teman dapat merasa seolah-olah sedang diwawancarai.

Menurut saya, software ini sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman sehingga nantinya teman-teman dapat mendapatkan nilai yang baik dan tentunya bisa lolos tes CPNS. Jika teman-teman ingin memesannya, langsung saja klik http://LatihanSoal.com/?id=rifni.imansari.

Jika teman-teman memesan dan membeli dari link tersebut, saya akan memberikan bonus tips-tips tambahan yang lebih spesifik dalam mengerjakan soal-soal tes TKD dan pertanyaan-pertanyaan lainnya dalam tes wawancara dan jawabannya berdasarkan pengalaman saya. 

Akhir kata, terima kasih telah mengunjungi blog saya. Semoga teman-teman dapat mengikuti tes CPNS dengan baik dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk pertanyaan, teman-teman dapat menghubungi saya di 085716323106.

1 komentar:

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS
    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah dan singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    BalasHapus